Laman

Rabu, 07 Maret 2012

TENAGA EKSOGEN

PENGERTIAN TENAGA EKSOGEN

  Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit atau pegunungan. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. Secara umum tenaga endogen dibagi dalam tiga jenis yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme atau gempa bumi..
Faktor yang mempengaruhi besar / kecil tenaga eksogen :
 
1. Pelapukan
Pelapukan adalah proses penghancuran atau perusakan massa batuan kulit bumi antara lain karena pengaruh cuaca, air, angin , dan organisme atau perusakan kulit bumi berupa retak dan pecahnya batuan akibat pengaruh cuaca(suhu,curah hujan, kelembaban, dan angin), organisme, dan bahan kimia
2 . Erosi
Erosi adalah proses pengikisan atau penghancuran batuan (datached) dan selanjutnya dipindahkan ke tempat lain oleh air, angin, dan tenaga gravitasi.
3. Sedimentasi
Merupakan pengendapan material hasil erosi karena tenaga media pengangkutnya berkurang (menjadi lambat). 
 4. Tanah Bergerak (Mass Wasting)
Kita sering mendengar peristiwa tanah longsor, baik berupa tanah maupun bersama dengan vegetasi dan batuan yang ada. Tanah terssebut dapat longsor karena adanya gaya berat atau pengaruh gravitasi bumi. Perpindahan masa tanah dan batuan karena gaya berat disebut tanah bergerak/mass wasting/ massa movement. Gerakan tanah dapat terjadi apabila gayagaya yang menahan masa tanah di lereng lebih kecil dari pada gaya yang mendorong atau meluncurkan tanah sepanjang lereng
Pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk muka bumi  
1. Lipatan, yaitu gerakan pada lapisan bumi yang tidak terlalu besar dan berlangsung dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi berkerut atau melipat, kerutan atau lipatan bumi ini yang nantinya menjadi pegunungan. Punggung lipatan dinamakan antliklinal, daerah lembah (sinklinal) yang sangat luas dinamakan geosinklinal, ada beberapa lipatan, yaitu lipatan tegak miring, rebah, menggantung, isoklin dan kelopak.
2 .     Patahan yaitu gerakan pada lapisan bumi yang sangat besar dan berlangsung yang dalam waktu yang sangat cepat, sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi retak atau patah. Bagian muka bumi yang mengalami patahan seperti graben dan horst. Horst adalah tanah naik, terjadi bila terjadi pengangkatan. Graben adalah tanah turun, terjadi bila blok batuan mengalami penurunan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar