Laman

Senin, 21 Mei 2012

10 Fakta Sains yang Unik

Sains selalu memberikan misteri buat kita semua. Masih banyak fakta-fakta menarik yang tersembunyi yang terkadang di luar dugaan kita. Manusia sebagai makhluk yang selalu ingin tahu telah membuka banyak pintu dan masih akan terus mengungkap kebenaran. Inilah 10 dari berjuta-juta fakta sains mengagumkan lain yang mungkin kamu belum tahu.
1. Pengguna tangan kanan, dalam rata-rata, hidup sembilan tahun lebih lama dari orang kidal.
2. Kalau kita menggosokkan bawang ke kaki, sekitar 30 – 60 menit, kita akan bisa merasakannya. Ini karena bawang tersebut mengalir melalui aliran darah.
3. Kita tidak akan bisa bunuh diri dengan menahan nafas (jika kita melakukannya sampai tak sadarkan diri, kita akan mulai bernapas normal secepatnya).
4. Gaya yang diperlukan untuk memengangkat sebuah kaki dari pasir apung dengan kecepatan satu centimeter per detik sama dengan gaya yang dibutuhkan untuk mengankat mobil berukuran sedang. Pasir apung sebenarnya tidak dengan cepat membunuh manusia karena biasanya tidak terlalu dalam. Faktanya, sangat sulit membebaskan diri dari pasir apung dan inilah yang menyebabkan kematian.
5. Armadilo adalah satu-satunya makhluk hidup bukan manusia yang bisa menderita kusta. Ada juga kasus penularan penyakit ini dari armadilo ke manusia.
6. Seekor siput bisa tidur 3 – 4 tahun selama masa dia tidak membutuhkan makanan.
7. Nyanyian paus bungkuk bisa berubah secara dramatis dari tahun ke tahun, tetapi setiap paus di seluruh samudera selalu menyanyikan lagu yang sama dengan yang lainnya.
8. Untuk menguji keaslian mutiara, kita bisa menggosokkan vinegar ke permukaanya. Komposisi dari mutiara akan membuatnya menggelembung dengan cepat.
9. Ikan mas yang ditaruh di tempat gelap akan berubah menjadi putih. Dan kalau bukan karena pengaruh makanan, mereka akan berubah menjadi putih seluruhnya.
10. Tiram bisa berubah antara jantan dan betina.

Sumber : http://www.sugengprabowo.com/10-fakta-sains-yang-unik-2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar