Laman

Sabtu, 30 Juni 2012

6 cara membuat laptop awet

seiring dengan pesatnya kemajuan media informasi, dan teknologi, berimbas pula pada kebutuhan masyarakat terutama pelajar terhadap media komputer, komputerpun dapat dibagi menjadi 2 jenis, PC dan Laptop. kepahaman akan praktis yang bisa dibawa kemana-mana, dan tanpa memerlukan tempat yang besar, membuat laptop menjadi pilihan utama bagi masyarakat, terlebih lagi dengan harga laptop yang kian hari semakin murah. namun hal ini juga berimbas pada kwalitas laptop itu sendiri. persaingan yang sangat ketat para produsen-produsen, membuat laptop dari semua merek mengurangi kwalitas barang itu sendiri, guna untuk mengejar biaya operasionalnya, akibatnya kita sebagai masyarakat awam menjadi korbannya. kerusakan yang timbul bukan saja dari kwalitas barang, namun dari bagaimana cara kita merawat dan menjaga laptop kita, sehingga kemungkinan kerusakan bisa diminimalisir. berikut tips merawat laptop agar lebih awet :
  1. Pemakaian yang standart, artinya adalah laptop berbeda dengan PC yang lebih tangguh, lebih bisa dipakai nonstop, letak dari komponen-komponen laptop yang sangat berdekatan, akan memicu suhu panas yang sangat, terlebih lagi dengan sirkulasi udara yang sangat kurang, tentu saja akan menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen yang tidak tahan akan panas yang berlebihan.ada baiknya jika kita perlu untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan waktu yang sangat lama, dan program yang berat, kita sebaiknya menggunakan pc desktop sebagai alternatifnya.
  2. tempatkan laptop pada tempat yang bersifat padat, artinya jangan sekali-kali laptop diletakan di atas kasur, atau tempat yang berbahan lentur, karena akan menghalangi sirkulasi udara dari laptop itu sendiri, hal yang sepele ini, justru banyak dilakukan terutama oleh pelajar, kecenderungan menggunakan sambil tidur-tiduran memang sangat santai, namun akan berakibat buruk pada keawetan laptop,
  3. perhatikan waktu penchargeran, hal ini sangat penting sekali untuk diperhatikan, karena akan menentukan ketahanan baterainya, banyak kasus sekarang ini baterai drop, tanpa kita tahu apa yang menyebabkannya, chargerlah laptop disaat ada sebuah peringatan (biasanya dipojok kanan bawah), dan segera caput jika kondisi baterai sudah full, bagaimana kalo kita memerlukan waktu lama? jika hal demikian, kita harus rela untuk lepas pasang, disaat peringatan itu muncul, hal ini dilakukan agar baterai laptop kita bisa tahan lama.
  4. Gunakan cover atau bungkus laptop agar laptop tidak rusak karena terbentur apabila dibawa menggunakan tas dan juga pastikan ketika membawa jangan sampai kegencet karena tas yang penuh, ini dapat merusak
  5. updatelah antivirus secara rutin, berhati-hati dalam download, banyaknya malware, virus, dan laen yang terbesar di situs-situs, akan membuat system laptop terganggu, yang akan berakibat pada lemotnya laptop anda, antisipasinya adalah pasang antivirus dan update secara rutin, karena seberapapun banyaknya antivirus dan apapun antivirusnya, anpa kita update secara rutin semua akan sia-sia.
  6. Jika anda ingin membeli laptop, ada baiknya carilah tempat / toko yang menjamin akan garansi dari laptop itu ( lebih baik minta yang bergaransi resmi, ada kalanya harga lebih mahal, namun garansinya akan jelas), hal ini sangat saya sarankan, karna mengingat kwalitas laptop yang beredar dipasaran sekarang sangat buruk, dengan membeli laptop yang bergaransi jelas, kita akan banyak menghemat uang jika ada hardware bermasalah.

    Sumber : http://www.kowelanaku.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar